Alat Pemadam Kebakaran Harus Berfungsi

Alat Pemadam Kebakaran Harus Berfungsi

Bakauheni (ANTARA LAMPUNG) - Administrator Pelabuhan (ADPEL) Bakauheni memastikan alat pemadam api di kapal yang akan dioperasikan melayani angkutan Lebaran Merak-Bakauheni berfungsi optimal untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran saat berlayar.

Perwira Jaga Adpel Bakauheni, Syamsul Rizal, mengatakan, di Bakauheni, Sabtu, sebagian kapal memiliki hydrant yang tidak berfungsi optimal atau rusak sehingga harus dibenahi untuk alat keselamatan.

"Pada bagian ujung hydrant terbuat dari tembaga yang memiliki harga jual tinggi sehingga di sejumlah kapal telah hilang dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab," katanya.

Dia mengharapkan, kepada pemilik kapal untuk memeriksa kembali kelengkapan peralatan tersebut karea sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kebakaran di kapal.

Dia menjelaskan, antisipasi tersebut dilakukan jika terjadi kebakaran di tengah laut sementara tidak ada petugas pemadam kebakaran melainkan mengandalkan alat pemadam di kapal tersebut.


Seperti insiden di KMP BSP-1 pasti kobaran api akan terus membesar jika kejadiannya masih ditengah laut karena alat pemadam kapal sendiri  tidak mampu memadamkan api dari dua kendaraan, buktinya api padam setelah disemprot oleh tim pemadam dari darat.

"Dengan alat pemadam berfungsi optimal nantinya mampu mengatasi dengan baik dan api dapat segera dipadamkan meskipun berada ditengah laut," katanya.

Dia menambahkan, selain alat pemadam alat keselamatan kapal lain juga harus lengkap bagi kapal yang akan dioperasikan melayani angkutan mudik Idul Fitri 1432 Hijriyah.

"Jika ada kekurangan sedikit pun maka kami tidak akan mengizinkan untuk beroperasi melayani penumpang mudik rute Bakauheni-Merak," tegasnya.

Dia mengatakan, pengetatan tersebut merupakan upaya antisipasi kemungkinan-kemungkinan dari insiden yang terjadi saat angkutan mudik berlangsung nanti. meskipun hal tersebut tidak diinginkan bersama.

Dia menjelaskan, alat keselamatan tersebut berupa jaket pelampung, sekoci, alat pemadam kebakaran dan alat keselamatan lain yang harus dipenuhi oleh perusahaan kapal sebelum beroperasi saat lebaran.

"Kami upayakan angkutan mudik berjalan optimal dengan kesiapan jauh-jauh hari karena menyangkut nyawa manusia," katanya menambahkan.(Ant)     
© 2012- 2014 | Alatalatpemadamapi.com