Tips Mencegah Kebakaran Mobil

Tips Mencegah Kebakaran Mobil

Seperti mesin pada umumnya, jika dipacu pada batas maksimum tentu saja hal tersebut akan membahayakan bagi pengendaranya. Tindak antisipasi atau pencegahan itu selalu berada pada level yang lebih baik daripada menanggulangi kebakaran mobil. Mungkin sudah berulang kali kasus kebakaran mobil yang kita saksikan melalui media televisi sebagai kejadian yang menyeramkan.

Biasanya kebakaran tersebut terjadi hanya karena hal-hal kecil yang sering dianggap sepele oleh pengemudi. Perawatan yang kurang baik pada mobil seperti bocornya saluran bensin, terjadinya hubungan arus pendek pada system kelistrikan mobil, hingga soal terbakarnya interior mobil akibat kecerobohan kita merokok di dalam mobil.

Nah, berikut ini adalah tips dari Halaman oto.detik.com yang mungkin akan sangat membantu Anda dalam mengantisipasi kebakaran mobil:

1. Berhati-hatilah selalu dalam bekerja

2. Cek ulang pemasangan / instalasi pada mesin maupun pelistrikan mobil.

3. Selalu cabut kabel accu ketika melakukan perbaikan mesin dan pelistrikan

4. Hindari Pemasangan aksesoris yg menggunakan energy listrik secara berlebihan dan selalu lengkapi dengan sikring pengaman.

5. Periksa ulang sambungan kabel, gunakan kabel yang berkualitas dan sesuaikan ukuran kabel dengan daya yang akan digunakan.

6. Hati-hati pada pemasangan alat tambahan (penghemat BBM, Magnet, dll) pada saluran bahan bakar, terlebih yang disertai pemotongan selang bahan bakar. Periksa juga klem dan kondisi selang bahan bakar.

7. Periksa kembali instalasi audio yang menggunakan daya besar, mulai dari sambungan kabel hingga ukuran kabel dan ukuran sikring yang digunakan.

8. Sediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan / Fire Extinguisher) di tempat yang mudah dijangkau.

9. Membuka tutup bensin sesaat, dapat membantu menurunkan tekanan pada fuel line (jalur bahan bakar).

10. Umumnya masa pakai APAR otomotif adalah 2-5 tahun (lihat pada kemasan)

11. Saat membeli APAR, tanyakan pada penjual, tanggal produksinya.

12. Umumnya APAR untuk otomotif tidak bisa dites, jadi sekali pakai langsung habis dan kemasannya dibuang.

13. Selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun.

14. Penyimpanan/Penempatan APAR tidak boleh terkena sinar matahari langsung

15. Pada kemasan APAR umumnya tidak boleh disimpan lebih dari 55 derajat celcius, perlu dipikirkan lokasi penyimpanannya sebab tiap mobil berbeda konstruksinya.

© 2012- 2014 | Alatalatpemadamapi.com